Halaman

Sabtu, 25 Mei 2013

Pengalaman menggunakan Alat transportasi Becak




Saya akan menceritakan pengalaman saya saat bertransportasi menggunakan becak . Becak adalah alat transportasi yang mungkin lumayan sulit ditemukan di kota-kota yang sudah maju . Apalagi di Jakarta becak sudah tidak boleh beroperasi lagi . Menurut saya kendaraan ini sangat unik dan ramah lingkungan karena hanya menggunakan tenaga untuk mengayuhnya . Sewaktu saya pergi ke tempat kelahiran ayah saya yaitu di Sragen (Jawa Tengah) , disana masih ada becak . Walaupun disana banyak kendaraan lain seperti motor , mobil dan bus . Rata-rata orang disana memilih naik becak sebagai alat transportasi ke tempat yang ingin dituju . Pada saat saya disanapun , saya dan keluarga saya memilih becak untuk pergi ke suatu tempat contohnya : Pasar , Alun-alun , tempat jajanan , dan masih banyak lagi .

Pasti disetiap kendaraan punya kelebihan dan kekurangan , kelebihan becak ya itu tadi tidak menggunakan bahan bakar sehingga tidak memakan biaya dan ramah lingkungan . sedangkan kelemahannya mungkin lebih terasa saat hujan . Kalau hanya gerimis becak mempunyai terpal untuk menutupi bagian depan , tapi kalo deras pasti bisa basah juga . Oiya waktu itu saya dan mamah saya pergi ke pasar , untuk kesana harus melewati rel kereta api . Berat badan kami yang tidak ringan pasti tukang becaknya pun mengayuh dengan sekuat tenaga saat melewati rel yang tanjakan . Dan yang lebih buat deg-degan lagi , tukang becak itu tidak sabaran padahal bunyi pemberitahuan kereta akan lewat sudah berbunyi . tapi untungnya tukang becak itu mendorong becak dengan cepat . Untuk biaya naik becak juga tidak ada ketentuannya , itu tergantung kesepakatan antara tukang becak dan penumpang . Tapi mungkin di kota-kota yang banyak wisatawan berkunjung pasti harganya jadi lebih mahal . Uniknya lagi walaupun becak tidak besar tapi waktu itu saya dan saudara-saudara saya bisa naik becak itu sebanyak 4 orang  .



Tadi saya sudah bercerita dikampung halaman ayah saya dengan menggunakan becak yang ukurannya biasa . Nah saya juga akan bercerita pengalaman saya mengendarai sepeda mini . Waktu saya masih kecil mungkin masih SD , saya dan keluarga saya berkunjung kerumah saudara saya , disana saya senang karena banyak saudara saya yang sebaya . Orang tua kami asik ngobrol , dan kamipun asik bermain . Disana saya diajak ketempat penyewaan sepeda mini oleh saudara saya , penyewaannya cukup murah , saya lupa berapa tapi lumayan murah . Penyewaannya tergantung dari waktu penyewaan . Saya mencoba untuk mengayuh becak mini tersebut dan itu lumayan sulit , karena agak susah untuk belok-beloknya , tapi lama kelamaan lancar juga .

Itu pengalaman yang seru dan lucu karena kita sendiri yang mengendarai dan memboncengi penumpang istilahnya . Demikian sedikit pengalaman saya dengan menggunakan becak , tapi jangan menggunakan becak ke tempat yang jauh dan jalannya menanjak ya , karena kasian yang ngayuhnya hahaha *krik :| 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar