4. PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN
MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN
4.1
PENDEKATAN SISTEM
A. Pemahaman Dasar pemecahan masalah dan pmmebuatan keputusan
v Pemecahan Masalah
Ø Masalah
: Suatu kondisi yang
memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian atau keuntungan luar biasa.
Ø Pemecahan
Masalah : Tindakan
memberi respon terhadap masalah untuk mengatasi akibat buruknya atau
memanfaatkan peluang keuntungan.
Masalah tidak terstruktur = Manajer
Masalah Terstrktur = Komputer
Masalah Semi Terstruktur = Manajer & Komputer
Ø Pentingnya pemecahan masalah didasarkan
pada konsekuensinya bukan jumlah waktu.
Ø Keputusan : Pemilihan suatu strategi atau
tindakan
Ø Pengambilan
Keputusan : Tindakan
memilih strategi/ aksi yang manajer yakini akan memberikan solusi tebaik atas
masalah.
Ø Gejala
: Kondisi yang dihasilkan oleh masalah.
Ø Gejala menyerupai puncak gunung Es = Manajer harus mencari
penyebab masalah dibalik gejala.
Ø Suatu masalah adalah penyebab dari sutu
persoalan atau penyebab dari suatu peluang
v Struktur Masalah
- Masalah Terstruktur : Terdiri dari elemen dan hubungan-hubungan antar elemen yang dapat dipahami oleh pemecah masalah.
- Masalah tak Terstruktur : Terdiri dari elemen atau hubungan-hubungan antar elemen yang tidak dipahami oleh pemecah masalah.
- Masalh Semi terstruktur : Masalh yang berisi sebagian elemen atau hubungan antar elemen yang dimengerti oleh pemecah masalah.
B.
TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM
1.
Usaha Persiapan
o Memandang
perusahaan sebagai suatu sistem.
o Mengenal
sistem lingkungan.
o Mengidentifikasi
subsistem perusahaan.
2.
Usaha Definisi
o Bergerak
dari tingkat sistem ke subsistem.
Tujuannya : mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan
berada.
o Menganalisis
bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
1. Mengevaluasi
standar.
2. Membandingkan
output dengan standar.
3. Mengevaluasi
manajemen.
4. Mengevaluasi
pemroses informasi.
5. Mengevaluasi
input dan sumber daya input.
6. Mengevaluasi
proses.
7.Mengevaluasi sumber daya output.
3.
Usaha Persiapan
o Pertimbangan
alternatif yang layak.
o Mengevaluasi
berbagai solusi alternatif.
o Memilih
solusi terbaik.
o Menerapkan
solusi.
o Memastikan
bahwa solusi tersebut efektif.
C.
FAKTOR MANUSIA YANG MEMPENGARUHI PEMECAHAN MASALAH
3
Kategori manajer dalam merasakan masalah :
1. Penghindar
masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua
baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan
informasi.
2. Mengumpulkan
Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a. Gaya
teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu
yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b. Gaya
menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah
informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah
( Problem solver) :
a. Gaya
sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang
telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
b. Gaya
intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan
pendekatan dengan situasi.
SUMBER
:
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusHarrah's Cherokee Casino & Hotel in 태백 출장마사지 Cherokee, NC. 경기도 출장마사지 Find reviews, hours, directions, and discounts for 동두천 출장샵 AAA/AARP members, seniors, 광주광역 출장샵 long stays & 진주 출장샵 military.