5. DASAR-DASAR PEMRORESAN KOMPUTER
5.1 ARSITEKTUR KOMPUTER
Komputer
dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
-
Prosesor
-
Memori
-
Penyimpanan sekunder
-
Perangkat Input
-
Perangkat Output
Mesin
pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah
komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa
millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen
elektronik yang lain.
Penyimpanan Primer
Ukuran
kapasitas penyimpanan primer :
Satuan
|
Ekivalen
|
Keterangan
|
Byte
|
8 bit
|
Untuk menyimpan sebuah karakter pada
sistem ASCII atau EBCDIC
|
Kilobyte
|
1024 byte
|
Awal PC hanya memiliki memori 640 byte
|
Megabyte
|
1024 KB
|
Memori PC pd saat ini berkisar antara
64 – 256 Megabyte
|
Gigabyte
|
1024 MB
|
Ukuran hard disk yang digunakan
berkisar antara 20 – 40 gigabyte
|
Terabyte
|
1024 GB
|
Database yang sangat besar
|
Pentabyte
|
1024 TB
|
Penggunaan di masa datang
|
Bentuk
Penyimpanan Sekunder :
·
RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang
(volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·
ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat
non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data
tidak akan hilang
·
Cache Memory, merupakan RAM khusus
yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses
data.
B.
PERALATAN INPUT
1.
KEYBOARD
Unit input
yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan
tombol-tombol yang tepat.
2.
ALAT PENUNJUK
·
Mouse
·
Trackball
·
Touch Screen
·
Light Pen
·
Unit Remote Control
3.
ALAT INPUT OTOMATIS
DATA SUMBER
·
Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca
data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap
citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR
(Optical Character Recognition), OMR
(Optical Mark Reader)
·
Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang
menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet.
Contoh : MICR (Magnetic Ink Character
Recognition).
4.
ALAT INPUT PENGENAL
SUARA
Unit
pengenal suara (speech recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
5.
ALAT INPUT VIDEO
Video
Camera recorder atau Camcoder
6.
ALAT INPUT PENERIMA
GERAK
·
Headset
·
Glove
·
Walker
C.
PENYIMPANAN SEKUNDER
·
Pita Magnetik : Reel
Tape dan Tape Cartridge
·
Hard Disk : Removable
dan Non removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik : CD,
DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
D.
PERALATAN OUTPUT
Dibagi
menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari
dua jenis :
·
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
·
Audio
2. Hardcopy, terdiri dari
:
·
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
·
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
·
Computer Output Microfilm (COM)
5.2 SOFTWARE
Perangkat
lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
A.
Perangkat Lunak Sistem
v Perangkat lunak yang
melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
v Ada tiga jenis dasar
perangkat lunak sistem :
istem Operasi,
berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data
perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam
fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya
perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian
sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan
pemakaian
v Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk
melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu
aplikasi pemakai tertentu.
v Penerjemah Bahasa
Komputer
5.2.1
Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
5.2.2
Bahasa Generasi Kedua, Assembler
5.2.3
Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
5.2.4
Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan
programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi
tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat
:
5.2.4.1 Database Query Language
5.2.4.2 Modelling Language,
khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
5.2.4.3 Very High Level
Language : PASCAL, APL
5.2.4.4 Graph Generators :
paket grafik
5.2.4.5 Report Writer : COBOL,
RPG
5.2.4.6 Aplication Generators :
program aplikasi pembayaran gaji
B.
Perangkat Lunak
Aplikasi
·
Pemrograman Sendiri
Perusahaan
menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis
computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
·
Paket Jadi
Ada empat
kelompok besar :
·
Paket Aplikasi Bisnis Umum
·
Paket Aplikasi Khusus Industri
·
Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
·
Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
5.3 PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM
PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
SUMBER
:
http://imammagribi.wordpress.com/2011/09/24/dasar-dasar-pemrosesan-komputer/
http://imammagribi.wordpress.com/2011/09/24/dasar-dasar-pemrosesan-komputer/
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id
http://zaidarrosyid.blogspot.com/2011/11/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar